Materi lipid

Titik leleh lemak tergantung pada panjang rantai asam lemak penyusun dan tingkat jenuh. Bahan ini diperoleh dari hasil campuran dua atau lebih lemak atau dengan cara hidrogenasi. Atom karbon belakangnya terikat satu sama lain melalui ikatan ganda dan dapat terjadi dalam konfigurasi cis atau trans. Para glikolipid juga termasuk materi lipid yang terkait secara struktural tertentu yang terdiri dari kelompok gangliosides, sulpholipids dan sulfatids.

Kerja enzim lipase yang dihasilkan pankreas pada triasilgliseol yang terdapat dalam makanan pada akhirnya akan menghasilkan 2-monoasilgliserol dan 2 macam asam lemak. Reaksi ini menghasilkan pembentukan gliserol dan garam asam lemak yang disebut sabun. Konformasi yang sering ada untuk rantai atom C jenuh adalah struktur yang panjang dan lurus.

Lemak tumbuhan tak jenuh dan cair pada suhu kamar. Fosfolipase A1 menghidrolisis ikatan ester antara asam lemak dan gliserol pada posisi 1 rantai karbon fosfogliserida. Kelompok gliserol juga membentuk hubungan dengan ester asam fosfat.

Steroid yang banyak terdapat di alam yaitu golongan kolesterol, lanosterol banyak terdapat pada pelindung wolfitosterol dan mikosterol, dalam tubuh terdapat sebagai asam empedu, hormon kelamin, dan hormon adrenokortikoid.

Campuran Trigliserida adalah salah satu di mana tiga asam lemak radikula yang berbeda satu sama lain.

Materi Kimia Lipid

Mereka bebas larut dalam pelarut organik seperti eter, aseton dan benzene. Ngili Yohanis. Metabolisme Lipoprotein Lipoprotein mengangkut lemak hidrofobik di dalam plasma.

Struktur dan Fungsi Biomolekul. Lipid adalah zat organik berlemak atau berminyak, lipid yang sedikit larut dalam air dan larut dalam pelarut organik seperti kloroform, eter dan benzena Karakteristik Lipid Lipid relatif tidak larut dalam air.

Materi I Biokimia

Suatu ikatan rangkap cis materi lipid menimbulkan bengkokan pada struktur, sehingga lebih sukar untuk tersusun membentuk kristal daripada molekul jenuh yang panjangnya sama. Struktur subseluler seperti inti, lisosom, dan mitokondria juga dibatasi oleh membrane.

Gugus hidroksi primer dapat disubtitusi dengan dua cara, yang menghasilkan dua kelompok sfingolipid yakni fosfosfinglipid dan glikosfingolipid. Karena contoh tidak mengandung air yang tinggi, maka pelarut yang dipilih harus bersifat tidak menyerap air. Kimia Organik Bahan Makanan. Sebuah lemak padat pada suhu kamar biasa, minyak yang berbentuk cair.

Lipid Pada Membran Sel Sitoplasma dalam sel dikelilingi oleh membran plasma. Sfingolipid dibangun dari basa terhidroksilasi rantai panjang.

Kimia Makanan. Asam lemak adalah bahan bakar selular yang penting dan disimpan sebagai triasilgliserol dalam jaringan adipose. Minyak dan Lemak Pangan. Houston, M. Senyawa Lipid atau Heterolipid Heterolipids adalah ester asam lemak dengan alkohol dan memiliki kelompok tambahan juga.

Lipid Sederhana atau Homolipid. Karena adanya banyak ikatan ganda terkonjugasi, mereka berwarna merah atau kuning. Mereka larut dalam pelarut non-polar, seperti eter, kloroform, metanol. Oksidasi Asam Lemak Oksidasi asam lemak terjadi dalam 3 tahap, aktivasi, pengangkutan ke dalam sel mitokondria, dan oksidasi menjadi asetil CoA.

Mereka tersebar luas di kedua tumbuhan dan hewan. Dua basa seperti ini ditemukan dalam hewan, yakni basa sfngosin dan dihidrosfingosin sfinganin. Enzim yang mengkatalisis reaksi ini adalah asil-CoA sintetase. Lipid sederhana adalah ester asam lemak dengan berbagai alkohol.

Mereka eksklusif yang berasal dari tumbuhan.

Biokimia Lipid

Sedangkan lemak nabati yang digunakan adalah minyak kelapa sawit, minyak kedelai, dan minyak biji kapas. Produk awal dari proses pencernaan adalah asam lemak dan lisofosfogliserida, yang merupakan detergen kuat.Lipid dikombinasikan dengan protein adalah unsur penting dari membran sel dan mitokondria sel.

Lipid secara umum bukan makromolekul. Lipid yang terjadi secara alami senyawa organik, umumnya dikenal sebagai minyak dan lemak. Lipid terjadi melalui dunia tinggal di mikroorganisme, tumbuhan tingkat tinggi dan hewan dan juga dalam semua jenis sel.

Lipid berkontribusi terhadap struktur sel, menyediakan. POKOK MATERI. Peranan Lipid; Lipid dalam bentuk lemak dan minyak merupakan zat makanan yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh manusia, selain itu juga merupakan sumber energi yang lebih efektif dibandingkan karbohidrat dan protein, dimana 1 gram lipid dapat menghasilkan 9 kkal sedangkan untuk karbohidrat dan protein masing-masing hanya 4 kkal/gram.

Lemak dan minyak terdapat pada. Scribd is the world's largest social reading and publishing site. Disaat ini kita tahu makanan yang paling banyak dikonsumsi oleh manusia mengandung lemak, lemak tersebut biasanya kita dapati pada makanan yang kita konsumsi setiap hari, seperti: ikan, daging dll.

rangkuman kimia dasar untuk mata kuliah kimia dasar semester 1. materi-kimia farmasi.

Pengertian dan Ciri Lipid

Materi OSN kimia sma. You just clipped your first slide! Clipping is a handy way to collect important slides you want to go back to later. Now customize the name of a clipboard to store your clips.

Materi lipid
Rated 3/5 based on 6 review